Selasa, 01 November 2016

Cntoh Iklan Yang Tidak Beretika

"Etika Bisnis"

                 Didetik pertama diperlihatkan gambar bunga-bunga yang digunakan sebagai aroma parfum dari sabun l*x, kemudian adegan berganti dengan model iklan tersebut yang digambarkan sedang menggunakan sabun tersebut ketika mandi. Setelah selesai mandi sang model datang ke sebuah pesta dengan seorang laki-laki, laki-laki tersebut mencium aroma parfum dari perempuan tersebut sangat dekat seperti hampir mau menciumnya namun tidak jadi karena dilihat oleh pelayan.

Analisis   :
            Iklan tersebut muncul dilayar televisi setiap hari tanpa ada batasan waktu, sehingga anak – anak bisa melihat iklan tersebut. Iklan tersebut memiliki konten yang dewasa yang seharusnya anak dibawah umur tidak boleh melihatnya. Dilihat dari sudut pandang orang dewasa hal itu bisa dikatakan biasa saja karena memang model yang ada dalam iklan tersebut adalah sepasang suami istri dalam kehidupan nyata, namun tidak untuk anak dibawah umur yang belum boleh melihat adegan dimana orang dewasa terlihat intim seperti dalam iklan tersebut. Sangat disayangkan sekali iklan tersebut lulus sensor sehingga anak-anak bisa melihat iklan tersebut ketika mereka sedang menonton televisi.

            Sebenarnya masih banyak iklan yang seharusnya ditinjau ulang kembali isi kontennya. Selain konten yang vulgar, banyak iklan yang secara terang-terangan menyindir pesaingnya yang memperlihatkan persaingan yang sudah tidak sehat, iklan yang rasis, dan iklan  - iklan yang tidak beretika. Diharapkan kedepannya lembaga sensor lebih bisa bijak untuk memilih iklan yang sekiranya boleh tayang ataupun tidak boleh tayang.

Kriktik                        :
           Menurut saya iklan tersebut sedikit tidak beretika karena memperlihatkan seakan memulai untuk ciuman dan terlihat oleh pelayan namun tidak jadi, seharusnya hal hal seperti ini tidak boleh dilakukan dalam hal etika. Menurut saya, kedepan berbagai produk dalam memasarkan produknya harus lebih kreatif dan lebih beretika karena masyarakat semakin cerdas dalam memilih produk apa yang akan mereka gunakan. Dan satu hal lagi, iklan/pemasaran harus memberikan informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat.


SUMBER:

http://fitra-fiteobie.blogspot.co.id/2015/11/contoh-iklan-yang-tidak-beretika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar